Alami OCD ekstrim karena 'brainwashing', Aliando Syarief ngaku pernah hitung rambut hingga 3 bulan tak mandi



GELORANEWS - Lama tak tampil di layar kaca, aktor muda Aliando Syarief pernah membuat publik terkejut, karena pengakuannya yang mengalami Obsessive Compulsive Disorder (OCD).

Dua tahun lebih berjuang melawan OCD, akhirnya Aliando Syarief memberanikan diri kembali berkarya di dunia entertainment. 

Meski Aliando Syarief mengatakan bahwa dirinya belum benar-benar pulih, namun ia mengaku sudah bisa mengontrol dirinya, saat OCD nya mulai kambuh. 

Aliando mengungkapkan, bahwa ia memang memiliki bakat OCD sejak kelas 2 SD. Namun yang membuatnya semakin ekstrim, adalah 'brainwashing' yang dialaminya. 

Hal itu Aliando ungkapkan, saat menjadi bintang tamu di acara Tonight Show Premiere, 15 Desember 2022. 

"Itu mah efeknya doang. Kalo aslinya mah kena touch reform atau brainwashing di dalam rumah," ujarnya, dilansir Hops.ID dari YouTube TonightShowNet. 

"Jadi gue kan tinggal sendiri nih, tiba-tiba ada yang ketok-ketok, gue kan welcome sama siapa aja, gue suruh masuk. Pas gue lihat ternyata nih orang nggak bersahabat jadi gue usir," lanjutnya. 

"Dia kayak nggak enak gitu, terus tiba-tiba gue kayak kena touch reform gitu, kena brainwashing, terus gue semua kayak vertigo, habis itu efeknya baru gue OCD," imbuhnya. 

Aliando juga mengatakan bahwa akhirnya orang tersebut seolah datang kepadanya disaat yang tepat, memberi solusi saat ia ada masalah, dan selalu ada saat ia butuh. Hingga semakin lama, OCD nya semakin parah. 

Hal itu karena ia berada dalam tekanan, dan sulit melepaskan diri dari orang tersebut, sampai akhirnya Aliando melawan.

Aliando bercerita, bahwa saat OCD nya sedang kambuh, ia bisa melakukan sesuatu di luar kontrolnya. Dari menyusun benda, menghitung helai rambut saat hendak mandi, hingga puncaknya, ia pernah selama 3 bulan tidak bisa mandi. 

"Iya (hitung helai rambut). Sama itu kan ada kuaci, jadi kalo kuaci itu dibuang kulitnya, ini gue susun. Gue juga pernah nggak mandi 3 bulan lho," ungkapnya. 

"Nggak bisa gerak gue. Kalo di OCD diafisebutnya hoarding. Jadi dia akan mengumpulkan barang-barang apapun di dalam kamarnya, dan dia nggak akan bisa bergerak, karena dia nggak bisa mindahin sampah-sampah itu," jelasnya. 

Namun itu dulu, sampai akhirnya Aliando bisa melawan itu semua, meski belum bisa dianggap pulih dari OCD.

"Karena proses, gue harus bisa melawan. Jadi orang ini kan terus memberikan main control ke gue. Dengan gue melawan itu pelan-pelan gue bisa," terangnya. 

Kini, Aliando bisa menerima dirinya, dan perlahan memberanikan diri untuk berkarya di dunia seni lagi, meski ia harus tetap menjaga jarak dengan orang, atau situasi yang bisa men -trigger OCD nya kambuh.

Sumber : hops

Post a Comment for "Alami OCD ekstrim karena 'brainwashing', Aliando Syarief ngaku pernah hitung rambut hingga 3 bulan tak mandi"